"SANGGAR SAREH BUDOYO"
Kergan Rt 03 Rw 11 Tirtomulyo Kretek Bantul Yogyakarta
Kode Pos : 55772
Telp : (0274) 6460325

Hand Phone : 08156302495
Email :
Tardalang@yahoo.com

Wednesday, April 18, 2007

Biografiku

Biografiku ....
Aku dilahirkan di dusun bracan, Tirtomulyo, kretek, bantul. Tepatnya tanggal 12 Juli 1945. Terlahir dari seorang dalang kondang pada masanya yaitu Ki Sono Kriyo alias Sareh. Nama kecilku seriang dipanggil Taryono. Lahir dilingkungan seniman menjadikanku terbawa lingkungan disamping darah seni juga mengalir deras pada diriku. Sejak aku terdaftar di Sekolah Rakyat aku sering pentas kemana-mana sehingga studiku agak terganggu. Aku tumbuh menjadi seorang dalang yang mapan, secara materi aku lebih dari cukup. Pernah Sebulan aku tidak pernah pulang sama sekali karena tiap hari pagelaran. Beranjak besar karirku semakin mapan, untuk masa depan anak-anakku aku membelikan tanah persawahan.

Prahara, 1975
Ketika Tahun 1975, Karir bapakku Ki Sono Kriyo mulai meredup ditambah beliau menikah lagi, sehingga bapakku yang semula sudah bertempat tinggal bersama istri mudanya kembali jadi satu rumah dengan diriku + istri tua (Ibuku). Semenjak itu sering terjadi perselisihan diantara kami. Sehingga pada tahun 1975 aku di suruh pergi dari rumah. Dengan sangat berat hati Aku, Istri dan Anak-anakku juga Ibuku (Istri tua Bapakku) pergi meninggakan rumah tanpa membawa bekal apapun kecuali selembar pakaian yang melekat di tubuh kami.





No comments: